Untuk Ayahanda Tercinta

by - June 02, 2020

             

Termenung dan membisu mendengarnya. pagi yang cerah ini terasa dingin. Hilang hangatnya dunia secara mendadak. Kabar itu sungguh mengguncang hati. Menguras air mata. Menimbulkan suara sedu. Seakan menampar diri ini yang masih belum sadar.

Belum lama mata ini melihat dirimu. Belum lama telinga ini mendengar suaramu dengan nasehatnya. Baru saja kupandangi raut wajah itu, wajah yang meneduhkan. Senyum yang memberikan semangat. Serta ajaran dan didikan.

Tanpamu kami bukanlah siapa-siapa, hanya sekumpulan anak lugu yang tidak tahu tentang kefanaan dunia. Dengan ajaranmu kami paham. olehmu kami belajar. Berkatmu kami mempunyai kesempatan untuk hidup lebih baik. Dan dengan jasamu kami berhutang banyak.

Tidaklah cukup ucapan terima kasih ini sebagai gantinya. Berapa banyak telah engkau perjuangkan untuk agama, pendidikan, dan bangsa. Waktumu engkau korbankan, lelahmu engkau sisihkan, makanmu engkau akhirkan, kantukmu engkau lawan. Semua demi perjuangan.

Sudah cukup semua yang kau berikan, kini saatnya beristirahat dan menikmati jerih payahmu. Semua akan terbalaskan, letihmu kan dibalas dengan telaga kautsar, kepayahanmu kan dibalas dengan indahnya taman syurga. Serta keikhlasanmu, akan menghantarkan dirimu kepada Sang Ilahi dihari pertemuan.

Biar kami yang melanjutkan perjuangan ini, engkau beristirahatlah disana. Wejanganmu kepada kami, ‘Jangan merasa puas dengan keberhasilan di satu sisi’.sungguh tak akan kami lupa dan selalu terngiang di dalam benak. Memang belum pantas kami menggantikan dirimu kini, namun kami yakin untuk selalu berjuang melanjutkan perjuanganmu sampai jasad terpisah dengan ruh.

Selamat jalan ayah, terima kasih untuk selama ini. Semoga engkau ditempatkan Bersama orang-orang sholih, dan syurga menjadi tempat peristirahatanmu. Doa kami selalu menyertaimu, dan semangat perjuanganmu kan selalu berkobar dalam hati ini.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu.

 

-Mengenang Kepulangan KH.Syamsyul Hadi ‘Abdan Ke Rahmatullah-

 

Dari,

Anak-anakmu yang selalu akan merindukanmu

25 Ramadhan 1441

18 Mei 2020

                                                                                                                                                           -KAHTAN-


You May Also Like

0 comments